Kelompok Tani Sumber Rezeki Alamat : Rt 10 Desa solok kecamatan Kumpeh Ulu kabupaten Muaro Jambi

Thursday, December 24, 2009

Pembuatan Biogas


          Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sambah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.




Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.

Di Kelompok Tani Sumber Rezeki membuat biogas dengan kapasitas 4 m3 dengan pembagian 2 m3 untuk air 1 M3 untuk kotoran ternak sapi dan 1 m3 lagi digunakan untuk ruangan gas. Gas ini terbentuk 21 hari setelah pencampuran kotoran dan air (untuk kotoran sapi)

Komposisi biogas
Komponen %
Metana (CH4) 55-75
Karbon dioksida (CO2) 25-45
Nitrogen (N2) 0-0.3
Hidrogen (H2) 1-5
Hidrogen sulfida (H2S) 0-3
Oksigen (O2) 0.1-0.5

di kelompok tani Sumber Rezeki menggunakan kotoran sapi sebagai penghasil biogas

Limbah biogas, yaitu kotoran ternak yang telah hilang gasnya (slurry) merupakan pupuk organik yang sangat kaya akan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Bahkan, unsur-unsur tertentu seperti protein, selulose, lignin, dan lain-lain tidak bisa digantikan oleh pupuk kimia.

Pupuk organik dari biogas telah dicobakan pada tanaman jagung, bawang merah dan padi.di kelompok tani Sumber Rezeki mengoloh limbah sisa ini menjadi pupuk oranik yang dapat berupa padat dan cair dengan ditambahkan beberapa campuran seperti bakteri pengurai.

1 comment: